PENYULUHAN DAN PELAYANAN PEMBUATAN AKTA KEMATIAN DAN AKTA KELAHIRAN

Suparman 27 September 2018 16:12:53 WIB

Desa Girikarto merasa berbangga hati karena dari enam desa di Kecamatan Panggang, Desa Girikarto menjadi salah satu desa yang mendapat kesempatan dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Gunungkidul yaitu fasilitas Penyuluhan Dan Pelayanan Pembuatan Akta Kematian Dan Akta Kelahiran yang dilaksanakan pada hari Senin tanggal 24 September 2018 yang lalu.

Masyarakat Desa Girikarto memanfaatkan kesempatan tersebut. Masyarakat sangat antusias untuk dapat melengkapi kepemilikan Akta Kematian untuk saudara, kerabat maupun keluarga mereka yang telah meninggal. Selain Akta Kematian banyak juga masyarakat yang menggunakan moment tersebut untuk mendaftarkan pembuatan Akta Kelahiran.

Pengumpulan berkas dan persyaratan pembuatan Akta Kematian maupun Akta Kelahiran dilayani oleh Pemerintah Desa seminggu sebelum hari H, yaitu mulai hari Senin tanggal 17 September 2018 masyarakat Desa Girikarto sudah berdatangan mencari persyaratan tersebut. Antusiasme warga terlihat dari register kami  jumlah berkas yang masuk yaitu sekitar 321 berkas Akta Kematian dan 24 berkas Akta Kelahiran.

Masyarakat Desa Girikarto merasa sangat terbantu dengan kegiatan seperti ini, karena mereka yang terhambat transportasi tidak perlu jauh-jauh ke Wonosari untuk pembuatan Akta Kematian dan Akta Kelahiran. Mereka cukup datang ke Balai Desa Girikarto yang jaraknya sangat terjangkau dari rumah mereka.

Disampaikan oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Gunungkidul, bahwa proses penerbitan Akta Kematian dan Akta Kelahiran yang berkasnya sudah masuk diperkirakan selama satu bulan. Dan pendistribusiannya dilaksanakan di Balai Desa Girikarto sebulan yang akan datang. Dengan ini kami pemerintah Desa Girikarto sangat berterimakasih kepada semua pihak yang terkait yang telah membantu kelancaran Pelaksanaan Penyuluhan dan Pelayanan Pembuatan Akta Kematian dan Akta Kelahiran ini. Kami berharap akan ada kegiatan yang sama di bulan maupun tahun yang akan datang.

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

Peta Desa

Lokasi Girikarto

tampilkan dalam peta lebih besar